Presiden Dan Wakil Presiden Terpilih

Presiden Dan Wakil Presiden Terpilih
Selamat Dan Sukses kepada Presiden dan wakil presiden terpilih

Jumat, 26 Agustus 2011

Arti Lambang Provinsi Kalimantan Barat

Pada posting kali ini kita akan membahas makna dan arti lambang Provinsi Kalimantan Barat. Sebelum masuk ke bahasan tentang makna dan arti lambang, ada baiknya kita mengetahui sekilas wawasan tentang provinsi ini.

A. Sekilas wawasan tentang Provinsi Kalimantan Barat
  • Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan
  • Ibukota Provinsi Kalimantan Barat berada di Kota Pontianak.
  • Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat adalah 146.807 km² (7,53% luas Indonesia).
  • Provinsi Kalimantan Barat merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.
  • Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi "Seribu Sungai". Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang diantaranya dapat dan sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.
  • Kalimantan Barat berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak, Malaysia.
  • Kalimantan Barat memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.
  • Jumlah penduduk di Provinsi Kalimantan Barat menurut sensus tahun 2004 berjumlah 4.073.304 jiwa (1,85% penduduk Indonesia).
  • Masakan dan makanan Tradisional
  • Masakan Asam Pedas di daerah Pontianak
  • Masakan Bubur Pedas di daerah Sambas
  • Kerupok basah, merupakan makanan khas Kapuas Hulu
  • Ale-ale, merupakan makanan khas Ketapang
  • Pansoh, yaitu masakan daging di dalam bambu pada masyarakat Dayak.
  • Mie Tiau, merupakan masakan khas Tionghoa Pontianak yang terdapat di kota Pontianak
  • Nasi Ayam dan Mie Pangsit, merupakan masakan khas penduduk Tionghoa Singkawang dan sekitarnya
 B. Makna dan Arti Lambang Provinsi Kalimantan Barat
inilah gambar lambang Provinsi Kalimantan Barat, sumber gambar dari sini

Lambang Provinsi Kalimantan Barat

  • Bentuk dari Lambang Daerah Kalimantan Barat ialah bersudut lima, yang berarti Pancasila, dimaksudkan Kalimantan Barat adalah sebagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersendikan Pancasila.
  • Warna yang dipakai pada Lambang Daerah adalah enam, yaitu hijau muda, hijau tua, putih, kuning emas, merah dan hitam.
  • Warna dasar adalah hijau muda, menunjukkan kesuburan Daerah Tingkat I Kalimantan Barat.
  • Warna perisai, mandau dan keris adalah putih, dimaksudkan bahwa pusaka-pusaka itu suci murni.
  • Perisai, mandau dan keris adalah menggambarkan pusaka dan kebudayaan putra-putra daerah Kalimantan Barat.
  • Padi dan kapas melambangkan cukup pangan dan sandang.
  • Garis putih yang melintang di tengah-tengah melukiskan garis Khatulistiwa.
  • Kapas yang berjumlah 17, nyala api yang berjumlah 8 dan padi yang berjumlah 45 melambangkan Kalimantan Barat sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945.
  • Padi dan kapas diikat dengan pita yang bersudut empat, yang berarti Catur Karsa, yakni kesungguhan, kejujuran, kegotong royongan dan kekeluargaan. Dengan Catur Karsa ini dimaksudkan terlaksananya kesejahteraan yang merata.
  • Tulisan Akcaya berarti tak kunjung binasa atau dengan keuletan pantang menyerah.
  • Tulisan Akcaya ini di atas dasar putih dalam tiga lipatan, yang berarti tiga Kerangka Revolusi Nasional Indonesia, yakni :
  1. membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berwilayah dari Sabang sampai Merauke,
  2. menuju masyarakat adil dan makmur materiil dan spirituil dan
  3. mempererat hubungan dengan semua bangsa dan negara di seluruh dunia.
    Nah demikian kurang lebih arti dan makna lambang Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Data tersebut saya dapat dari referensi sebagai berikut : 

    1. www.kalbar.us
    2. Wikipedia
    3. Situs resmi Provinsi Kalimantan Barat

    Insya Allah kita lanjutkan pembahasan tentang makna dan arti lambang provinsi yang lain pada posting berikutnya.

    Semoga Bermanfaat

    11 komentar:

    Djangan Pakies mengatakan...

    assalamu'alaikum Kang,
    postingan sampean mengingatkan saya akan pontianak, karena saya pernah 5 tahun di sana. Akcaya, juga menjadi nama salah satu media cetak di sana dan saya pernah nulis satu artikel

    citromduro mengatakan...

    Sebuah lambang berarti harus mencerminkan semboyan, visi dan misi dari sebuah organisasi

    desain terkadang mudah dilakukan, namun memaknai gambar tersebut yang sulit

    salam dari pamekasan madura

    Iswanto mengatakan...

    @djangan pakies :
    Wa 'alaikum salam,
    wah jadi bernostalgia nih hehe. Pernah jadi penulis di media cetak juga toh pak ies.

    @citromduro:
    Iya bang, lambang juga menunjukkan cita - cita sebuah organisasi atau daerah, yang sulit adalah untuk mencapainya.
    Salam balik dari saya

    OEN-OEN mengatakan...

    admin barukah? kq beda :D

    akcaya, semboyan bagus nih, klo di kab malang kayak malang kucecwara : artinya Tuhan memihak kepada yang baik dan menolak kebatilan, kurang lebihnya gitu

    Lidya mengatakan...

    postingan yang penuh info baru buat saya.terima kasih atas kunjungannya

    Eel Pecidasase mengatakan...

    Saya orang kalbar tapi gak tau pula...


    Kalo Media yg Akcaya sudah berganti nama... kalo gak salah sih jadi Pontianak Post gitu...

    Tarry KittyHolic mengatakan...

    Lambangnya penuh makna ya,
    Saya malah ga tau arti lambang daerah saya xixixiLambangnya penuh makna ya,
    Saya malah ga tau arti lambang daerah saya xixixi

    Iswanto mengatakan...

    @mas oen- oen :
    iya mas admin-nya sudah ganti. Wah makasih infonya mas, nanti kapan - kapan saya bahas deh tentang arti lambang kota malang

    @mbak lidya :
    sama - sama mbak

    @mas eel :
    sekarang jadi tahu kan?
    o ya makasih tambahan infonya tentang Akcaya

    @mbak Tarry :
    nanti insya Allah lambang Madiun juga saya bahas mbak tenang aja nunggu antrian

    SHUDAI AJLANI (dot) COM mengatakan...

    wah saya baru tau, ternyata seperti itu toh B)

    Lyliana Thia mengatakan...

    Informasi baru buat aku :-)
    Ternyata masyarakat KalBar masyarakat yg ulet dan pantang menyerah... ^_^

    Iswanto mengatakan...

    @ Ajlani :
    baru tahu dia

    @ mbak Lyli :
    benar mbak, pekerja keras lagi

    Poskan Komentar

    Silahkan tulis respon, tanggapan, kritik, saran ataupun masukkan anda.