Kamis, 18 Agustus 2011

Arti Lambang Provinsi Bangka Belitung

Pada posting kali ini kita akan membahas arti lambang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Namun sebelum masuk kebahasan soal arti lambang Provinsi Kep. Bangka Belitung, ada baiknya kita mengetahui sekilas wawasan tentang provinsi ini.

A. Sekilas wawasan tentang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung


  • Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung.
  • Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, 
  • Banga Belitung memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. 
  • Ibu kota provinsi Bangka BElitung ialah Pangkal pinang. 
  • Pemerintahan provinsi ini disahkan pada tanggal 9 Februari 2001. Setelah dilantiknya Pj. Gubernur yakni H. Amur Muchasim, SH (mantan Sekjen Depdagri) yang menandai dimulainya aktivitas roda pemerintahan provinsi. 
  • Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya adalah bagian dari Sumatera Selatan, namun menjadi provinsi sendiri.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempunyai batas wilayah:
  • Sebelah utara dengan Laut Natuna
  • Sebelah timur dengan Selat Karimata
  • Sebelah selatan dengan Laut Jawa
  • Sebelah barat dengan Selat Bangka
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbagi atas tujuh daerah tingkat dua, yaitu:
  1. Kabupaten Bangka (ibukota: Sungailiat)
  2. Kabupaten Belitung (Ibukota: Tanjungpandan)
  3. Kabupaten Bangka Barat (ibukota: Mentok)
  4. Kabupaten Bangka Tengah (ibukota: Koba)
  5. Kabupaten Bangka Selatan (ibukota: Toboali)
  6. Kabupaten Belitung Timur (ibukota: Manggar)
  7. Kota Pangkal Pinang
B. Makna dan Arti Lambang Provinsi Bangka Belitung

Nah inilah gambar lambang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sumber gambar dari wikipedia/bangak belitung.
arti lambang,lambang provinsi ,logo provinsi,gambar lambang, arti lambang aceh,logo-logo, logos,membuat logo,daftar provinsi
Lambang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
# Makna Gambar dalam Lambang Provinsi Bangka Belitung
  • Perisai Bersudut Lima, melambangkan Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Kepulauan Bangka Belitung, melambangkan wilayah, masyarakat, sistem pemerintah, kebudayaan dan sumberdaya alam Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.
  • Lingkaran Bulat Simetrikal, melambangkan kesatuan dan persatuan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam menghadapi segala tantangan di tengah - tengah peradaban dunia yang semakin terbuka.
  • Butir Padi berjumlah 27 buah melambangkan nomor dari Undang-undang pembentukan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu UU No.27 Tahun 2000.
  • Buah Lada berjumlah 31 buah melambangkan Kepulauan Bangka Belitung merupakan Propinsi ke 31 dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
  • Padi dan buah lada juga melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran.
  • Balok Timah, melambangkan kekayaan alam (hasil bumi pokok) berupa timah yang dalam sejarah secara social ekonomis telah menopang kehidupan masyarakat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung selama lebih dari 300 tahun. (diketemukan dan dikelola sejak tahun 1710 Mary Schommers dalam Bangka Tin).
  • Biru Tua dan Biru Muda (Dalam Perisai dan Lingkaran Hitam), melambangkan bahari dunia kelautan dari yang dangkal sampai yang terdalam. Menyiratkan lautan dengan segala kekayaan alam yang ada di atasnya, di dalam dan di dasar lautan yang dapat dimanfaatkan untuk sebesar - besarnya bagi kesejahteraan rakyat.
# Arti Warna dalam Lambang Provinsi Bangka Belitung


  • Putih (Tulisan), melambangkan keteguhan dan perdamaian.
  • Kuning ( Padi dan Semboyan), melambangkan ketentraman dan kekuatan.
  • Hijau (Pulau dan Lada), melambangkan kesuburan.
  • Hitam (Outline Lingkaran), melambangkan ketegasan.
Serumpun Sebalai, menunjukan bahwa kekayaan alam dan plularisme masyarakat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung tetap merupakan kelurga besar komunitas (serumpun) yang memiliki perjuangan yang sama untuk menciptakan kesejahteraan , kemakmuran, keadilan dan perdamaian.

Untuk mewujudkan perjuangan tersebut, dengan budaya masyarakat melayu berkumpul, bermusyawarah, mufakat, berkerjasama dan bersyukur bersama-sama dalam semangat kekeluargaan (sebalai) merupakan wahana yang paling kuat untuk dilestarikan dan dikembangkan. Nilai- nilai universal budaya ini juga dimiliki oleh beragam etnis yang hidup di Bumi Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dengan demikian, Serumpun Sebalai mencerminkan sebuah eksistensi masyarakat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan kesadaran dan cita­citanya untuk tetap menjadi keluarga besar yang dalam perjuangan dan proses kehidupannya senantiasa mengutamakan dialog secara kekeluargaan, musyawarah dan mufakat serta berkerja sama dan senantiasa mensyukuri nikmat Tuhan untuk mencapai masyarakat adil dan makmur.

Serumpun Sebalai, merupakan semboyan penegakan demokrasi melalui musyawarah dan mufakat.

Demikian kurang lebih arti lambang provinsi kepulauan Bangka Belitung. Insya Allah akan kita lanjutkan pembahasan tentang Makna dan Arti Lambang Provinsi Jawa Barat pada posting selanjutnya.


Referensi:

Catatan : bagi anda yang ingin membuat logo, baik untuk logo blog, header logo, atau pun logo-logo yang lainnya, anda bisa mencoba membuat logo secara online di cooltext.com.

Cara membuat logo di cooltext cukup sederhana dan mudah, bahkan untuk orang awam sekalipun. Setelah membuat logo, anda bisa men-download hasil karya anda dan menggunakan logo-logo tersebut untuk keperluan anda.

Dengan adanya logo, itu bisa menjadi identitas sekaligus ciri khas anda. Terlebih lagi jika kita mengetahui arti lambang atau makna dari logo tersebut.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis respon, tanggapan, kritik, saran ataupun masukkan anda.

Dukung Jokowi

Dukung Jokowi
Jokowi adalah pemimpin terbaik untuk Indonesia yang lebih baik & sejahtera. Dukung dan pilih Jokowi untuk jadi Presiden Indonesia 2014