Rabu, 03 Agustus 2011

Arti Lambang Provinsi Sumatera Utara

Pada posting sebelumnya kita telah membahas arti lambang provinsi Aceh. Pada posting kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang arti lambang provinsi berikutnya yakni arti lambang Provinsi Sumatera Utara.Namun sebelum memasuki pembahasan tentang arti lambang, ada baiknya kita mengetahui sekilas wawasan tentang provinsi Sumatra Utara.

A. Sekilas wawasan wilayah Provinsi Sumatera Utara
  • Letak wilayah : Provinsi Sumatera Utara terletak pada 1° - 4° Lintang Utara dan 98° - 100° Bujur Timur.
  • Pembangian wilayah : Sumatera Utara pada dasarnya dapat dibagi atas: Pesisir Timur, Pegunungan Bukit Barisan, Pesisir Barat, Kepulauan Nias.
  • Pesisir timur merupakan wilayah di dalam provinsi yang paling pesat perkembangannya karena persyaratan infrastruktur yang relatif lebih lengkap daripada wilayah lainnya. Wilayah pesisir timur juga merupakan wilayah yang relatif padat konsentrasi penduduknya dibandingkan wilayah lainnya.
  • Di daerah tengah provinsi berjajar Pegunungan Bukit Barisan. Di pegunungan ini ada beberapa dataran tinggi yang merupakan kantong-kantong konsentrasi penduduk. Tetapi jumlah hunian penduduk paling padat berada di daerah Timur provinsi ini. Daerah di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir juga menjadi tempat tinggal penduduk yang menggantungkan hidupnya kepada danau ini.
  • Pesisir barat biasa dikenal sebagai daerah Tapanuli.
  • Kepulauan Nias merupakan daerah kepulauan yang berada di Samudra Hindia di sebelah barat Sumatra. 
Acara jalan sehat dalam rangka HUT ke 66 Provinsi Sumatera Utara
  •  Batas wilayah 
B. Arti Lambang Provinsi Sumatera Utara

Nah inilah gambar Lambang Provinsi Sumatera Utara, sumber gambar dari wikipedia/sumatera utara
Logo Sumatera Utara
  • Kepalan tangan yang diacungkan ke atas dengan menggenggam rantai beserta perisainya, adalah lambang kebulatan tekad perjuangan rakyat Provinsi Sumatera Utara melawan imperialisme, kolonialisme, feodalisme dan komunisme.
  • Batang bersudut lima, perisai dan rantai, melambangkan kesatuan masyarakat di dalam membela dan mempertahankan Pancasila.
  • Pabrik, pelabuhan, pohon karet, pohon sawit, daun tembakau, ikan, daun padi dan tulisan “SUMATERA UTARA”, melambangkan daerah yang indah permai, mashur dengan kekakayaan alamnya yang berlimpah-limpah.
  • Tujuh belas, kuntum kapas, delapan sudut sarang laba-laba dan empat puluh lima butir padi menggambarkan tanggal, bulan dan tahun kemerdekaan RI.
  • Tongkat di bawah kepalan tangan, melambangkan watak kebudayaan yang mencerminkan kebesaran bangsa, patriotisme, pencinta dan pembela keadilan.
  • Bukit barisan yang berpuncak lima, melambangkan tata kemasyarakatan yang berkepribadian luhur, bersemangat persatuan, kegotong-royongan yang dinamis.
  • Motto Daerah , adalah Tekun Berkarya, Hidup Sejahtera, Mulia Berbudaya.
    Demikian kurang lebih makna dan arti lambang provinsi Sumatera Utara, semoga menambah wawasan pengetahuan kita semua.

    Referensi :

    Catatan : bagi anda yang ingin membuat logo, baik untuk logo blog, header logo, atau pun logo-logo yang lainnya, anda bisa mencoba membuat logo secara online di cooltext.com.

    Cara membuat logo di cooltext cukup sederhana dan mudah, bahkan untuk orang awam sekalipun. Setelah membuat logo, anda bisa men-download hasil karya anda dan menggunakan logo-logo tersebut untuk keperluan anda.

    Dengan adanya logo, itu bisa menjadi identitas sekaligus ciri khas anda. Terlebih lagi jika kita mengetahui arti lambang atau makna dari logo tersebut.

    Semoga bermanfaat

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

    Silahkan tulis respon, tanggapan, kritik, saran ataupun masukkan anda.

    Dukung Jokowi

    Dukung Jokowi
    Jokowi adalah pemimpin terbaik untuk Indonesia yang lebih baik & sejahtera. Dukung dan pilih Jokowi untuk jadi Presiden Indonesia 2014