Kamis, 04 Agustus 2011

Arti Lambang Provinsi Sumatra Barat

Pada posting sebelumnya kita telah membahas arti lambang provinsi Sumatera Utara. Pada posting kali ini kita akan membahas arti lambang Provinsi Sumatra Barat. Namun sebelum masuk ke pembahasan soal makna dan arti lambang, ada baiknya kita mengetahui sekilas wawasan tentang provinsi Sumatera Barat
A. Sekilas wawasan tentang Provinsi Sumatra Barat
  • Sumatera Barat adalah sebuah provinsi yang terletak di pesisir barat pulau Sumatera, Indonesia dengan ibukota Padang.
  • Provinsi ini identik sebagai kampung halaman suku Minangkabau karena Mayoritas penduduk Sumatera Barat merupakan suku Minangkabau.
  • Bahasa yang digunakan dalam keseharian ialah bahasa daerah yaitu Bahasa Minangkabau yang memiliki beberapa dialek, seperti dialek Bukittinggi, dialek Pariaman, dialek Pesisir Selatan dan dialek Payakumbuh. Di daerah Pasaman dan Pasaman Barat yang berbatasan dengan Sumatera Utara, dituturkan juga Bahasa Batak dan Bahasa Melayu dialek Mandailing. Sementara itu di daerah kepulauan Mentawai digunakan Bahasa Mentawai.
  • Mayoritas penduduk Sumatera Barat beragama Islam. Selain itu ada juga yang beragama Kristen terutama di kepulauan Mentawai, serta Hindu dan Buddha.
B. Arti Lambang Provinsi Sumatra Barat
Nah inilah dia gambar lambang provinsi Sumatra Barat. sumber gambar dari wikipedia/sumatera barat
arti lambang,lambang provinsi ,logo provinsi sumatera barat,gambar lambang, arti lambang aceh,logo-logo, logos,membuat logo
Lambang Provinsi Sumatra Barat
  • Rumah Gadang, adalah lambang semangat demokrasi.
  • Atap Masjid, adalah lambang tumbuh kuatnya agama Islam di Sumatera Barat.
  • Bintang, adalah lambang Ketuhanan Yang Maha Esa.
  • Riak Gelombang, adalah lambang dinamika.
  • Tuah Sakato, adalah lambang kesepakatan untuk melaksanakan hasil mufakat rakyat.
Demikian kurang lebih makna dan arti lambang provinsi Sumatra Barat. Semoga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua. Insya Allah akan kita lanjutkan pembahasan tentang arti lambang provinsi Bengkulu pada posting berikutnya.

Referensi :
Catatan : bagi anda yang ingin membuat logo, baik untuk logo blog, header logo, atau pun logo-logo yang lainnya, anda bisa mencoba membuat logo secara online di cooltext.com.

Cara membuat logo di cooltext cukup sederhana dan mudah, bahkan untuk orang awam sekalipun. Setelah membuat logo, anda bisa men-download hasil karya anda dan menggunakan logo-logo tersebut untuk keperluan anda.

Dengan adanya logo, itu bisa menjadi identitas sekaligus ciri khas anda. Terlebih lagi jika kita mengetahui arti lambang atau makna dari logo tersebut.

Semoga Bermanfaat

2 komentar:

Baha Andes mengatakan...

makasih ya masjier.
saya banyak temen anak2 sumatra, jadi makin tau nih.

Mas Jier mengatakan...

Sama sama mas andes

Poskan Komentar

Silahkan tulis respon, tanggapan, kritik, saran ataupun masukkan anda.

Dukung Jokowi

Dukung Jokowi
Jokowi adalah pemimpin terbaik untuk Indonesia yang lebih baik & sejahtera. Dukung dan pilih Jokowi untuk jadi Presiden Indonesia 2014