Presiden Dan Wakil Presiden Terpilih

Presiden Dan Wakil Presiden Terpilih
Selamat Dan Sukses kepada Presiden dan wakil presiden terpilih

Rabu, 05 Oktober 2011

Arti Lambang Kabupaten Kendal

Pada posting sebelumnya kita telah membahas arti lambang Kabupaten Karanganyar. Selanjutnya pada posting kali ini, kita akan membahas arti lambang Kabupaten Kendal. Namun sebelum masuk ke pembahasan tentang arti lambang Kabupaten Kendal, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sekilas wawasan tentang Kabupaten Kendal.

A. Sekilas wawasan tentang Kabupaten Kendal
  • Kabupaten Kendal merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.
  • Pusat pemerintahan atau ibukota Kabupaten Kendal berada di Kecamatan Kendal.
  • Motto Kabupaten Kendal yaitu “NGESTI WIDDHI”
  • Slogan pembangunan Kabupaten Kendal yaitu Kendal Beribadat yang artinya Kendal bercita-cita menjadi daerah yang Bersih, Indah, Barokah, Damai, Aman dan tertib.
  • Luas wilayah Kabupaten Kendal yaitu sekitar 1.002,23 km2
  • Kode area telepon untuk wilayah Kabupaten Kendal yaitu +62 294 atau 0294
  • Batas wilayah Kabupaten Kendal yaitu :
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kota Semarang dan Kabupaten Semarang
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Temanggung
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Batang
  • Wilayah Kabupaten Kendal dibagi menjadi 20 kecamatan, yaitu Weleri, Rowosari, Kangkung, Cepiring, Gemuh, Ringinarum, Pegandon, Ngampel, Patebon, Kendal, Brangsong, Kaliwungu, Plantungan, Pageruyung, Sukorejo, Patean, Boja, Limbangan, Singorojo, Kaliwungu Selatan.
  • Klub sepakbola kebanggaan masyarakat Kabupaten Kendal yaitu Persik Kendal yang bermarkas di Stadion Bahurekso
  • Beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Kendal yaitu Curug Sewu, Pemandian air panas Gonoharjo Nglimut, Pantai Jomblom, Pantai Sendang Sekucing, Agrowisata kebun teh Medini, Goa Kiskendo, Kolam Renang Boja, Agrowisata Sekatul, Agrowisata Srendeng
B. Arti Lambang Kabupaten Kendal

Inilah gambar lambang Kabupaten Kendal, sumber gambar dari wikipedia/Kendal
arti lambang, lambang Kabupaten Kendal, logo Kabupaten, gambar lambang, arti lambang Kabupaten Kendal, logo-logo, logos, membuat logo, daftar Kabupaten, Kabupaten di Indonesia
Lambang Kabupaten Kendal

untuk melihat deskripsi dan lisensi dari gambar tersebut, silahkan klik di sini.
Lambang Daerah Kabupaten Kendal berupa daun lambang yang berbentuk menyerupai priuk / kendil wesi, berisikan beberapa lukisan yang masing-masing mempunyai arti/makna.

# ISI DAN WARNA LAMBANG

Daun lambang tersebut diatas berisikan lukisan-lukisan berturut-turut dari bawah keatas sebagai berikut:
1. Nama daerah dengan tulisan KENDAL memakai huruf latin bentuk leterblok berwarna hitam.
2. Diatas nama daerah terbentang pita tetunggul yang pada kedua ujungnya melipat kemuka (membuka) berwarna lemah teles, didalamnya terdapat tulisan NGESTI WIDDHI memakai huruf latin bentuk leterblok berwarna hitam.
3. Diatas pita tetunggul membujur laut berwarna biru bergelombang 4 (empat) dan berarus (lima) dengan warna putih.
4. Diatas pita tetunggul membujur laut berwarna biru bergelombang 4 (empat) dan berarus (lima) dengan warna putih.
5. Diatas berdiri sebuah pohon beringin dengan warna hitam berdaun hijau yang diapit oleh 2 (dua) buah gunung berwarna biru.
6. Ditengah-tengah atas pita tetunggul berdiri sebuah bambu runcing yang mempunyai ruas 9 (sembilan) berwarna kuning menjulang keatas menuju kearah bintang.
7. Mulai dari lukisan-lukisan tersebut c, d, e dan f dilingkari oleh kubah atau menara masjid berwarna putih.
8. Diatas Kubah/Menara masjid memancar sebuah bintang bersudut 5 (lima) dengan warna kuning bersinar emas.
9. Mengapit Kubah/Menara masjid disebelah kiri terdapat setangkai padi berisi 17 (tujuh belas) butir berwarna kuning, sedang sebelah kanannya setangkai kapas berbunga 8 (delapan) dengan warna putih dan berdaun hijau.
10. Lukisan-lukisan tersebut a sampai dengan i diatas dilingkari dengan suatu pita berpelisir merah putih bersegi 5 (lima) dan pada sebelah bawahnya mempunyai ujung pangkal yang diikat hidup seolah-olah melukiskan angka 8 (delapan).
11. Didalam lingkungan pita tersebut sub j diatas, didasari dengan warna separoh kiri hijau dan separoh kanan kuning.
Yang kesemuanya itu merupakan dasar dan tujuan revolusi bangsa Indonesia, guna mencapai masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila yang diridhioi oleh Allah SWT.

# ARTI / MAKNA LAMBANG
1. Periuk / Kendil wesi berwarna hitam melambangkan kebesaran seorang Ulama bernama Kyai Ageng Kendil wesi yang tersohor dalam sejarah daerah Kabupaten Kendal.
2. NGESTI WIDDHI adalah suatu fatwa mutiara yang melambangkan watak bertaqwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, yang tekun beribadah dan beramal.
3. Laut mengandung makna bahwa daerah Kabupaten Kendal berbatasan pantai / mangku laut, bergelombang 4 (empat) dan berarus 5 (lima) melambangkan kebesaran jiwa semangat '45 sebagai penegak kebenaran dan keadilan.
4. Perahu mengandung makna bahwa daerah Kabupaten Kendal mempunyai sumber kemakmuran dari hasil laut.
5. Pohon beringing melambangkan watak pengayoman.
6. Dua buah gunung mengandung makna bahwa Kabupaten Kendal mempunyai daerah pegunungan diantaranya perahu dan ungaran yang merupakan perbatasan, penghasil produksi terutama bahan pangan.
7. Bambu runcing yang mempunyai ruas 9 (sembilan) melambangkan perjuangan Wali Songo didalam kepahlawanan dan keperwiraannya menyebarkan ajaran agama Islam yang sampai sekarang masih dianut oleh rakyat dalam daerah Kabupaten Kendal.
8. Kubah / Menara masjid melambangkan teguhnya kepribadian rakyat daerah Kabupaten Kendal, bahwa didaerah ini yang banyak memiliki ajaran dan kebudayaan yang memberikan andil terbesar dalam hal perkembangan / pertumbuhan ajaran Islam, di jamannya Sunan Zaton, begitu pula perkembangan-perkembangan berikutnya dengan adanya pondok-pondok besar di Kaliwungu, Mangkang, Pegandon dan lain-lain tempat.
9. Bintang melambangkan keagungan dan kebesaran Allah Tuhan Yang Maha Esa yang menjadi kepercayaan / keimanan seluruh rakyat.
10. Padi dan kapas melambangkan kemakmuran, sedangkan bilangan butir padi 17 (tujuh belas) dan bunga kapas 8 (delapan) mengandung makna tanggal 17 dan bulan 8 yang keramat bagi bangsa Indonesia di tahun 1945.
11. Pita berpelisir merah putih bersegi 5 (lima) melambangkan bahwa daerah Kabupaten Kendal adalah di dalam wadah kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila. Sedang ikatan hidup menyerupai angka 8 (delapan) yang memakai ujung pangkal, melambangkan perjuangan yang mengenal batas permulaan dan kesudahan.
# ARTI WARNA
1. Warna yang dipakai di dalam lambang daerah Kabupaten Kendal mempunyai maksud:
2. Putih melambangkan kesucian dan kejujuran.
3. Merah melambangkan keberanian.
4. Kuning (kuning emas) melambangkan keluhuran / keanggunan / kemulyaan / kekayaan.
5. Lemah teles melambangkan kesuburan.
6. Hijau melambangkan kemakmuran.
7. Biru melambangkan kedamaian.
8. Hitam melambangkan keteguhan / keabadian.
Demikianlah kurang lebih arti lambang Kabupaten Kendal, semoga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua. Insya Allah akan kita lanjutkan pembahasan tentang arti lambang Kabupaten yang lain pada posting selanjutnya.

Referensi :
  1. Wikipedia/wiki/Kendal
  2. Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Kendal
  3. Rudy Pujihanto Ardissa
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis respon, tanggapan, kritik, saran ataupun masukkan anda.