Senin, 10 Oktober 2011

Arti Lambang Kabupaten Pekalongan

Pada posting sebelumnya kita telah membahas arti lambang Kabupaten Magelang. Selanjutnya pada posting kali ini, kita akan membahas arti lambang Kabupaten Pekalongan. Namun sebelum masuk ke pembahasan tentang arti lambang Kabupaten Pekalongan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sekilas wawasan tentang Kabupaten Pekalongan.
A. Sekilas wawasan tentang Kabupaten Pekalongan
  • Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.
  • Kabupaten Pekalongan beribukota di Kajen.
  • Motto Kabupaten Pekalongna yaitu: SANTRI (Sehat, Aman, Nyaman, Tertib, Rapi dan Indah)
  • Luas wilayah Kabupaten Pekalongan yaitu sekitar 836,13 km2
  • Kode area telepon untuk wilayah kabupaten pekalongan yaitu +62 285 atau 0285
  • Wilayah Kabupaten Pekalongan dibagi menjadi 19 Kecamatan
  • Batas wilayah Kabupaten Pekalongan yaitu :
  • Sebalah Utara berbatasan dengan Laut Jawa dan Kota Pekalongan
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Batang
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pemalang
  • Sebagai Kabupaten yang terletak di dekat laut jawa, maka Pekalongan termasuk salah satu kabupaten yang berada di jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya.
  • Wisata kuliner khas Kabupaten Pekalongan yaitu Taoto dan nasi megono
B. Arti Lambang Kabupaten Pekalongan
Inilah gambar lambang Kabupaten Pekalongan, sumber gambar dari wikipedia/kabupaten_Pekalongan
arti lambang, lambang Kabupaten Pekalongan, logo Kabupaten, gambar lambang, arti lambang Kabupaten Pekalongan, logo-logo, logos, membuat logo, daftar Kabupaten, Kabupaten di Indonesia
Lambang Kabupaten Pekalongan
 untuk melihat deskripsi dan lisensi dari gambar tersebut, silahkan klik di sini
  1. Dasar Hukum
Surat Keputusan DPRGR Kabupaten Pekalongan Nomor 1/PD/DPRGR/II/1967 tentang Lambang Daerah tanggal 29 Agustus 1967 dan nomor 1/PD/DPRGR/II/1971 tentang Penggunaan Lambang Daerah tanggal 16 Pebruari 1971.
  1. Bentuk, Isi Lambang, Ukuran serta Warna
Lambang daerah Kabupaten Pekalongan berbentuk perisai bersayap dalam ukuran segi empat bujur sangkar dengan perbandingan panjang dan lebar 1:1. Dari atas kebawah berisikan lukisan-lukisan.
    1. Bintang bersudut lima berwarna kuning emas.
    2. Perisai tiga warna, berurutan dari kiri ke kanan kuning, sawo matang 9 coklat muda dan coklat tua). Ukuran luas warna coklat muda setengah luas perisai.
    3. Ditengah perisai terlukis sebuah keris lurus terhunus berwarna hitam.
    4. Laut biru dan ikan berwarna putih.
    5. Padi warna kuning dengan daun berwarna hijau memangku perisai. Jumlah butiran padi sebelah kanan 23 biji sebelah kiri 22 biji jumlah keduanya 45 biji.
    6. Pita teratur berlukiskan batik jlamprang berisikan 8 ceplok bungan.
    7. Elar atau sawat (sayap berkepak) berwarna kuning bergaris hijau. Jumlah elar (bulu elar) sebelah kanan 9 helai sebelah kiri 8 helai, jumlah seluruh elar 17 helai.
  1. Makna dan Isi Lambang

    1. Bintang, melambangkan Ketuhanan yang Maha Esa mencerminkan bahwa warga / penduduk Kabupaten Pekalongan umumnya meyakini dan berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    2. Sudut Lima pada Bintang, melambangkan Pancasila. Masyarakat di Kabupaten Pekalongan meyakini bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum dalam mengurus, mengatur dan membina daerah.
    3. Perisai Tiga Warna, melambangkan bahwa warga penghuni Kabupaten Pekalongan, terdiri dari warga negara yang berbeda asal, ras, kebangsaannya tetapi tetap bersatu padu. Warna kuning mewakili ras tionghoa, coklat muda ras asli Indonesia, dan coklat tua mewakili ras arab. Ras asli merupakan penghuni yang utama atau lajer (pokok). Dilukiskan di tengah perisai, melambangkan bahwa ras asli merupakan pihak yang merangkum kedua ras lainnya sehingga terjalain hubungan dalam kehidupan baik jasmaniah dan rohaniah.
    4. Keris, melambangkan jiwa patriotisme rakyat Kabupaten Pekalongan yang abadi, dalam membela dan membina serta membangun daerah maupun tanah air Indonesia.
    5. Laut dan Ikan, melambangkan bahwa sebagian kehidupan rakyat Kabupaten Pekalongan dari laut (nelayan).
    6. Padi Memangku Perisai, melambangkan kemakmuran daerah, serta merupakan sumber kehidupan serta makanan pokok rakyat. Jumlah butiran 45 biji melambangakan tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
    7. Pita Batik Jlamprang, melambangkan salah satu kesenian rakyat Kabupaten Pekalongan yaitu batik Pekalongan yang merupakan kehidupan rakyat. Ceplok bunga berjumlah 8 melambangkan bulan Agustus.
    8. Elar (sawat), melambangkan cita-cita rakyat yang dinamis, cinta damai, menuju arah keagungan daerah dan peri kehidupan yang adil dan makmur serta lahir dan batin.

MOTTO KABUPATEN PEKALONGAN

Untuk mendayagunakan kegiatan pembangunan daerah secara merata diperlukan suatu acuan untuk memotivasi, menggerakkan dan mengerahkan seluruh potensi masyarakat Kabupaten Pekalongan Motto Kabupaten Pekalongan adalah Kota "SANTRI" merupakan singkatan dari Sehat, Aman, Nyaman, Tertib, Rapih dan Indah.

Demikianlah kurang lebih arti lambang Kabupaten Pekalongan, semoga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua. Insya Allah akan kita lanjutkan pembahasan tentang arti lambang Kabupaten yang lain pada posting selanjutnya.

Referensi :
  1. Wikipedia/wiki/Kabupaten_Pekalongan
  2. Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Pekalongan
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis respon, tanggapan, kritik, saran ataupun masukkan anda.

Dukung Jokowi

Dukung Jokowi
Jokowi adalah pemimpin terbaik untuk Indonesia yang lebih baik & sejahtera. Dukung dan pilih Jokowi untuk jadi Presiden Indonesia 2014