Presiden Dan Wakil Presiden Terpilih

Presiden Dan Wakil Presiden Terpilih
Selamat Dan Sukses kepada Presiden dan wakil presiden terpilih

Rabu, 12 Oktober 2011

Arti Lambang Kabupaten Purbalingga

Pada posting sebelumnya kita telah membahas arti lambang Kabupaten Pemalang. Selanjutnya pada posting kali ini, kita akan membahas arti lambang Kabupaten Purbalingga. Namun sebelum masuk ke pembahasan tentang arti lambang Kabupaten Purbalingga, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sekilas wawasan tentang Kabupaten Purbalingga.

A. Sekilas wawasan tentang Kabupaten Purbalingga
  • Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.
  • Ibukota dan pusat pemerintahan Kabupaten berada di Purbalingga.
  • Batas-batas wilayah kabupaten Purbalingga yaitu
  • Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Pemalang
  • Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara
  • Sebelah selatan berbatasan dengan serta Kabupaten Banyumas
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Banyumas
  • Motto Kabupaten Purbalingga yaitu: “Prasetyaning Nayaka Amangun Praja”
  • Luas wilayah Kabupaten Purbalingga adalah sekitar 7.777,64 km2
  • Kode area telepon untuk wilayah Kabupaten Purbalingga yaitu +62281 atau 0281
  • Wilayah Kabupaten Purbalingga dibagi menjadi 18 kecamatan, yaitu Kemangkon, Bukateja, Kejobong, Pengadegan, Kaligondang, Purbalingga, Kalimanah, Padamara, Kutasari, Bojongsari, Mrebet, Bobotsari, Karangreja, Karangjambu, Karanganyar, Kertanegara, Karangmoncol dan Rembang.
  • Beberapa objek wisata di Kabupaten Purbalingga yaitu Gua Lawa,  Wisata Agro Kebun Strawberry, Desa Wisata Karangbanjar, Objek wisata air Bojongsari , Purbasari Pancuran Mas", Pendakian Gunung Slamet , Monumen Jenderal Soedirman, Museum Uang, Museum Reptil dan Serangga , Museum Wayang Purbalingga, Museum dan Perpustakaan Umum Daerah Poerbakawatja, Bumi perkemahan dan arena Outbound Munjul Luhur, Kolam Pemandian Walik Asri, Curug Karang,  Curug Panyatan , Curug Nini, Curug Silintang dan Silawang, Curug Ciputut, "Usman Janatin City Park, Wisata Kayak dan Sekolah Kayak Nasional.
  • Klub sepakbola asal Purbalingga yaitu Persap (Persatuan Sepakbola Purbalingga)
  • Fasilitas Olahraga di Purbalingga terdapat Stadion Gelora Goentoer Darjono yang mana stadion ini mampu menampung sekitar 15.000 penonton.
  • Salah satu tokoh terkenal asal Purbalingga yaitu Jenderal Soedirman, jenderal besar pertama di Indonesia. Legenda dalam dunia militer Indonesia, pakar perang gerilya dan terkenal gigih dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
B. Arti Lambang Kabupaten Purbalingga

Inilah gambar lambang Kabupaten Purbalingga, sumber gambar dari wikipedia/Purbalingga

arti lambang, lambang Kabupaten Purbalingga, logo Kabupaten, gambar lambang, arti lambang Kabupaten Purbalingga, logo-logo, logos, membuat logo, daftar Kabupaten, Kabupaten di Indonesia
Lambang Kabupaten Purbalingga
 untuk melihat deskripsi dan lisensi dari gambar tersebut, silahkan klik di sini

LAMBANG DAERAH
1. Bentuk lambang daerah terdiri dari Lukisan dan Pita :

a. Bentuk perisai melambangkan perlindungan, kekuatan dan alat perjuangan untuk mencapai tujuan dan cita-cita.

b. Garis tepi perisai yang tebal berwarna biru tua, menggambarkan banyaknya sungai yang mengaliri wilayah Purbalingga, sehingga menjadikan daerah subur dan makmur.

c. Garis berkelok-kelok yang tidak terputus berwarna biru muda, mencerminkan kegiatan masyarakat Purbalingga yang dinamis dan kreatif dalam mencapai cita-cita dan kesempatan hidup, ibarat aliran sungai yang tidak ada henti-hentinya.

d. Pita dengan sasanti "PRASETYANING NAYAKA AMANGUN PRAJA" mencerminkan tekad segenap aparat pelaksana untuk membangun daerah dan negara guna lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat lahir, batin dan merata.


2. Pada perisai terdapat tulisan dan lukisan

a. Tulisan "PURBALINGGA" berwarna merah diatas dasar putih, mencerminkan sikap keberanian atas dasar kebenaran.

b. Lukisan senjata Tombak Bermata Delapan, melambangkan kekuasaan dan kebijaksanaan, yang dikiaskan dengan kata PURBA" (Purba atau Wasesa)

» Tangkai tombak berwarna kuning emas mencerminkan kekuasaan, kebijaksanaan dan sarana mencapai tujuan, cita-cita, kemegahan, kesejahteraan dan keluhuran masyarakat serta daerah.

» Jumlah mata tombak delapan melambangkan bahwa dalam menjalankan kekuasaan untuk mencapai tujuan dan cita-cita selalu berdasarkan kepada kepemimpinan Pancasila, yaitu melaksanakan delapan darma sebagaimana tersirat dalam HASTA BRATA, yaitu : Kismo (bumi), Dahana (api), Samirana (angin), Tirto (air), Akasa (langit), Candra (bulan), Raditya (matahari) dan Kartika (bintang).

c. Sebatang pohon kelapa yang melambangkan kata "LINGGA" dikiaskan dengan "LUGU - GLUGU" yang berarti batang pohon kelapa.   d. Lukisan Pancaran Sinar, yang memancar ke 237 arah mempunyai maksud :

» Mencerminkan sifat dasar ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa bagi masyarakat Purbalingga yang tersebar di 237 desa/kelurahan.

» Sinar/Cahaya/Cahya/Ana-Cahya. Kata-kata tersebut dihubungkan dengan kata "CAHYANA" yang artinya adalah nama suatu tempat antara desa makam dan desa pekiringan yang kemudian berkembang menjadi nama suatu wilayah pemerintah (distrik) yang berpusat di Bukateja. Hal ini disamakan arti dengan Teja/Cahyana/Cahya yang berarti sinar. Ini dihubungkan dengan cerita atau babad sejarah Purbalingga.

e. Lukisan Tiga Pohon Beringin melambangkan tempat bernaung yang kokoh, kuat dan aman, sekaligus melambangkan tiga tempat cikal bakal leluhur masyarakat Purbalingga, yaitu : Ardi Lawet (terletak di daerah cahyana), Onje dan Wirasaba.

f. Disamping itu ada satu rangkaian lukisan yang tidak terpisahkan yang terdiri atas :

» 17 bunga kapas

» Seuntai padi dengan 45 bulir padi

» Sebuah rumah tikelan dengan lantai bertingkat lima dan 19 wilahan/balok

» Setangkai tanaman andong dengan 8 helai daun
Demikianlah kurang lebih arti lambang Kabupaten Purbalingga, semoga bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua. Insya Allah akan kita lanjutkan pembahasan tentang arti lambang Kabupaten yang lain pada posting selanjutnya.

Referensi :
  1. Wikipedia/wiki/Purbalingga
  2. Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Purbalingga
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tulis respon, tanggapan, kritik, saran ataupun masukkan anda.